Sabtu 03 Nov 2018 00:03 WIB

Rep: Havid Al Vizki/ Red: Sadly Rachman

Slamet Jenggot, Menyulap Barang Rongsokan Menjadi Karya Seni

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Slamet Wiyono atau yang akrab disapa Slamet ‘Jenggot’ membuat alat musik berbeda dari alat musik pada umumnya. Dengan memanfaatkan rongsokan baja, ia menciptakan karya seni unik yang bisa mengeluarkan bunyi.

Di rumah yang ia bangun sendiri, Kelurahan Jatirangon, Kota Bekasi. Ia merancang barang rongsokan yang dikumpulkannya menjadi alat musik. Menurutnya, jika kita bisa memanfaatkan hal sekecil apapun pasti akan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Pria asal Banyuwangi itu merancang sumber bunyi dari rongsokan knalpot helikopter, mesin tik, onderdil kendaraan bermotor hingga timbangan. Yang akhirnya, penggabungan semua bahan itu menghasilkan harmonisasi suara yang khas.

Kinetik Art, begitulah dia menamakan karyanya yang ia tekuni pada 2012 silam. Sebagai konsultan arsitek, ia menjelaskan bahwa rongsokan baja paling mudah didapat. Saat ini, Slamet ingin fokus memanfaatkan bahan baja. Mungkin, di lain waktu bisa saja ia akan mengeksplorasi musik dari batu ataupun kayu.

Menurut dia, musik adalah kehidupan dan hal yang dilakukan merupakan bentuk pesan positif dalam mewarnai dunia seni. Setidaknya, ia tidak butuh pengakuan namun proses yang akan mengakui keberadaannya.

Berikut video lengkapnya.

 

 

  • Videografer & Video Editor:
  • Havid Al Vizki