Senin 29 Aug 2016 21:54 WIB

Rep: Didi Purwadi/ Red: Sadly Rachman

Kesibukan Pasar Kaikiyah Jelang Puncak Haji

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Kesibukan terlihat di pasar hewan Kaikiyah, Makkah, jelang puncak ibadah haji. Beberapa jamaah calon haji memilih pergi ke pasar Kaikiyah membeli kambing guna disembelih untuk membayar 'dam'.

Jamaah haji wajib membayar 'dam' karena memilih melaksanakan ibadah haji dengan cara tamattu', yaitu mendahulukan ibadah umrah ketimbang haji.

Di pasar seluas hampir satu hektare tersebut ribuan kambing dipajang di kios-kios pedagang. Harga satu ekor kambing lumayan murah, yakni 250 riyal atau Rp 880 ribu.

Usai melakukan transaksi jual beli, kambing langsung dibawa ke gedung seluas lebih dari 500 meter persegi untuk disembelih dan dipotong-potong dagingnya.

Proses penyembelihan disaksikan langsung oleh jamaah yang menjadi pembeli kambing tersebut. Sebelum disembelih nama pemilik akan dibacakan terlebih dahulu, lantas sang penyembelih memekikkan kalimat bismillahi Allahu akbar.

Selanjutnya, daging yang sudah dibersihkan itu akan didistribusikan kepada fakir miskin di sekitar Masjidil Haram. Jika masih berlebih, daging didistribusikan ke wilayah di luar Makkah. Dan jika masih berlebih lagi, daging disebar ke sejumlah negara tetangga Arab Saudi.

 

 

Videografer: Didi Purwadi