Jumat 13 Nov 2015 22:24 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Serunya Blusukan Jokowi-Malcolm Turnbull ke Pasar Tanah Abang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo mengajak Perdana Menteri (PM) Australia Malcolm Turnbull ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (12/11). Keduanya bergerak ke Tanah Abang setelah makan siang di Istana Merdeka sekitar pukul 14.40 WIB. Ajakan ini bertujuan untuk mengenalkan secara langsung konsep pasar rakyat kepada PM yang baru dilantik beberapa bulan lalu itu. 

Meski terlihat kepanasan dan sempat membuka jasnya, Turnbull mengaku senang saat blusukan ke pasar tekstil terbesar di Indonesia tersebut. Ia menuliskan dalam akun Facebooknya, "Presiden Joko Widodo membawa saya pada sebuah blusukan ke pasar tekstil. Udara di pasar hangat, tetapi tidak ada yang lebih hangat daripada sambutan yang kami dapat dari warga Jakarta."

Melalui Twitternya @TurnbullMalcolm, Turnbull juga mengunggah foto selfie-nya bersama Jokowi. Kunjungan perdananya ke negara Asia tersebut, diharapkan dapat memulihkan kembali hubungan Australia dan Indonesia yang beberapa kali terlibat dalam sejumlah gesekan pada masa perdana menteri Tony Abbott.