Senin 07 Sep 2015 14:27 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Bombardir Pemberontak Houthi di Yaman, 24 Warga Sipil Tewas

REPUBLIKA.CO.ID, SANA'A -- Pesawat-pesawat tempur Uni Emirat Arab mengebom target-target pemberontak Syiah Houthi di berbagai penjuru Yaman, Sabtu (5/9).

Menurut sumber-sumber medis di berbagai rumah sakit di ibukota, Sana’a, sekitar 24 warga sipil tewas di kota itu akibat serangan-serangan tersebut, lapor Reuters mengutip kantor berita Emirat, WAM. 

Serangan udara tersebut berlangsung satu hari setelah 10 tentara Saudi tewas dalam serangan misil pemberontak yang menghantam gudang amunisi di Marib, sekitar 120 kilometer sebelah timur Sana’a.

Serangan itu juga menewaskan 45 tentara Emirat dan lima Bahrain.  Baru pertama kali ini ada tentara Saudi yang tewas di dalam wilayah Yaman.

Ini merupakan pengakuan terbuka pertama oleh Saudi bahwa mereka menempatkan pasukan darat di Yaman, di mana mereka memimpin koalisi yang menarget pemberontak Houthi Syiah dukungan Iran dan sekutu-sekutu mereka.

Jumlah korban pada hari Jumat itu merupakan yang terbanyak bagi koalisi sejak memulai serangannya terhadap Houthi pada Maret lalu, dan merupakan salah satu yang terburuk dalam sejarah militer Uni Emirat Arab.