Ahad 19 Jan 2014 01:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Klub Sepakbola Chili Dukung Kemerdekaan Palestina

REPUBLIKA.CO.ID,  SANTIAGO -- Klub Chili, Deportivo Palestino memperkuat warna Palestina dalam karakter klub tersebut. Untuk musim 2014, mereka memperkenalkan desain jersey klub dengan mengganti nomor 1 dengan gambar peta Palestina tahun 1948.

Tim ini memang memiliki keterikatan historis dengan Palestina, lantaran didirikan oleh imigran Palestina pada tahun 1920. Itu sebabnya, warna bendera Palestina, hitam, putih, hijau dan merah menjadi warna kebesaran klub tersebut.

Klub yang pernah menjuarai liga Chili pada tahun 1955 dan 1978 sempat diprotes para pemimpin komunitas Yahudi Chili dan dunia lantaran memasukan sentimen politik. Mereka membawa masalah itu ke FIFA.

Mantan Presiden Komunitas Yahudi, Gabriel Zaliasnik, mengatakan pihaknya menolak adanya konflik Timur Tengah di Chili.  Palestina sendiri, yang diakui Chili, mengkritik protes komunitas tersebut.

Chili merupakan negara tujuan imigran utama warga Palestina yang mengungsi. Tercatat, lebih dari 350 ribu jiwa imigran Palestina menetap di Chili. Negeri Amerika Latin itu secara resmi mengakui eksistensi negeri Palestina merdeka pada tahun 2011.

Footage : Youtube