Selasa 10 Sep 2013 00:27 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Belum Sah ke Pakistan Jika Tak Mampir ke Lahore

REPUBLIKA.CO.ID, LAHORE--Ada anggapan di kalangan warga lokal berbunyi, Anda belum sah mengaku ke Pakistan jika tak mampir ke Lahore. Dan, Anda belum sah mengaku ke Lahore bila belum menengok Masjid Badshahi.

Ya, masjid ini merupakan warisan bersejarah dari kesultanan Mughal. Dibangun 300 tahun lalu, masjid ini merupakan pusat dari aktivitas keagamaan warga Lahore. Maklum saja, posisi masjid berada ditengah-tengah hiruk-pikuk kota.

Imam Maulana Abdul Kabir Azad kepada Asharq Al-Aswat, mengatakan masjid ini telah menjadi pusat kegiatan keagamaan. Setiap bulan, kami adakan kompetisi membaca Alquran. Kami juga rutin menggelar konfrensi persatuan umat Islam.

Semasa kesultanan Mughal, Masjid Badshahi, tidaklah dikerumuni bangunan padat seperti sekarang. Suasana justru tenang. Berbanding terbalik dengan saat ini, dimana posisi masjid terhimpit pasar komersial. Memang bangunan yang ada di sekitarnya tak lebih tinggi dari bangunan utama masjid. Wal hasil, masjid ini akan menjadi patokan ketika Anda hendak jelajahi Lahore. Selengkapnya, berikut videonya.

 

Video Editor: Kingkin Jiwanggo