Sabtu 01 Jun 2013 00:00 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Ini Dia Tiga Tantangan Muslim Italia

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA--Di Italia, Muslim membentuk komunitas agama terbesar kedua di Italia. Sejumlah riset memperkirakan populasi Muslim mencapai 1.5 juta jiwa. Pada tahun 2030, jumlahnya diperkirakan meningkat dua kali lipat.

Saat ini, Islam belum diakui secara resmi oleh Italia. Itu sebabnya, tidak ada satupun organisasi Islam yang mendapatkan dana guna mengembangkan dakwah Islam. Beruntung, sejumlah negara Timur Tengah mengucurkan dana guna membantu mereka.

Seperti dikutip Washington Post, banyak tantangan yang dihadapi Muslim Italia seperti misal, pandangan negatif terhadap Islam dan keberagaman populasi Muslim Italia.Tantangan yang tak kalah penting adalah sekitar 95 persen populasi Muslim berasal dari luar Italia.

Dari kondisi ini, Muslim Italia seolah kehilangan jadi dirinya. Mereka seperti masih dalam peralihan dari seorang Muslim yang belum menjadi bagian dari Italia.
Abdel Latif Chalikandi, pengacara dan mediator budaya Masjid Roma mengakui Muslim Italia masih terjebak dalam masalah identitas.

Pencarian identias belum selesai, Muslim Italia harus beradaptasi dengan makanan dan kebiasaan baru. Yang lebih penting lagi, menyesuaikan ajaran Islam dengan budaya Italia akan sangat sulit.

Melihat kondisi itu, Komunitas Muslim Italia membutuhkan pemimpin guna menghadapi tantangan ke depan. Selama ini, Muslim Italia terbagi berdasarkan asal negaranya.

Menurut Chalikandi, Muslim Italia juga membutuhkan ulama dan cendikiawan yang akrab dengan hukum Islam dan norma-norma budaya Italia.

Sejauh ini, pemerintah Italia telah bekerja keras mengasimilasi Muslim. Pada tahun 2005 misalnya, Kementerian Dalam Negeri membentuk Dewan Islam Italia. Dewan ini didirikan dengan harapan dapat mendorong dialog antara pemerintah dan Muslim Italia.

Melalui dewan ini disiapkan satu mekanisme pengakuan secara hukum terhadap agama Islam. Kelak ketika sudah diakui, umat Islam akan mendapatkan dana dari pajak guna memenuhi kebutuhan mereka akan sarana dan prasarana dakwah.

Sejauh ini, Dewan Islam Italia belum bisa menjalankan tugasnya dengan optimal. Akantetapi, telah dicapai kata sepakat antar organisasi Islam Italia untuk menyatukan visi dan misi Muslim Italia ke depan.