Jumat 18 Jan 2013 18:13 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Sekolah, Lokasi Pengungsi Banjir Warga Bidara Cina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sejak tiga hari lalu, warga RW 14, Kelurahan Bicara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur mengungsi di sekolahan dasar negeri 1. Ketinggian air yang masih terbilang tinggi membuat mereka masih menghuni lokasi pengungsian darurat tersebut.

Ketua RW 14, Budi Ahadian mengatakan sekitar 170 KK menghuni lokasi pengungsian itu. Mereka menempati ruangan kelas yang cukup besar. Dalam satu kelas itu bisa dihuni beberapa kepala keluarga.

Saat ini, genangan air masih melanda kawasan itu. Namun, tidak separah kemarin dimana banjir merendam wilayah Bidara Cina sampai setinggi 2 meter. Perkampungan di ujung tanggul Kali Ciliwung ini memang langganan banjir.

Sebanyak tiga Rukun Tetangga, yakni RT 9, 11, dan 12, hampir selalu terendam banjir. Tiga RT tersebut yang paling awal terkena banjir. Jika ketinggian air sudah sampai ke loteng rumah, barulah banjir merembes ke wilayah RT lainnya.

Terkait kondisi kesehatan warga, Budi mengatakan setiap warga telah mendapatkan bantuan pengobatan gratis. Bantuan ini diharapkan dapat mencegah warga terkena penyakit yang biasanya muncul selepas banjir.

 

VIdeographer: Agung Sasongko